Friday, September 13, 2019

KKN Life: Pertamakali Ngajar Ngaji Bocil, Ribetnya Mengendalikan Bocil

T P A. Yup, hal yang pasti wajib dan selalu ada di setiap KKN. Ya tidak? Bocah-bocah yang ngajak main 'kan ya mereka-mereka itu.

Baru saja pulang dari ramah tamah menyapa warga, baru aja nutup pintu pondokan, eh nggak ding. Kira-kira selesai sholat Maghrib, ehm, masih jama'ah sih di hari pertama, suara ngeselin itu terdengar. Wkwk. "Kakak KKN. Ayo ajari kami ngaji." 

Di pondokan yang isinya cewek semua itu kita saling pandang. Kurang lebih si maksud pandangannya itu gini, "Ha? Baru nyampe tadi pagi langsung nih proker?" Haha ya itu yang di otakku.

Lalu kita bergegas lepas mukena, lipat yang rapi, oh iya dong rapi hehe. Lalu menuju ke TPA yang berada tepat disebelah pondokan cewek. Pengelola TPA nya adalah Bu Niyah, Ibunya pak kades. Ternyata memang sudah biasa ada KKN, jadi kalau ada anak KKN Bu Niyah langsung memasrahkannya.

Ehm. Jadi kita ngajar ngaji nih ya? Oh aku sih pernah. Sekali. Seumur hidup cuma pernah sekali ngajarin bocil ngaji. Wkwk. Tantangan sih buatku. Mau nggak mau ya harus mau berurusan sama bocil.

Oh, tentunya saya tidak suka bocil sebenarnya. Wkwk. Karena mereka sering rusuh. 

Lalu setelah KKN ini aku jadi suka bocil... yeay. Enggak juga sih, tapi jadi seneng aja kalau bocilnya menanggapi. Kalau diem aja sedih deh. 

Apalagi pas TPA pertama kali, mereka pada malu-malu diajarin sama kakak2nya. Susahnya membujuk buat mau ngaji sama aku. Iya sama aku. Sama kakak2 yg lain udah pada ada bocil di depannya, aku masih tak tahu gimana ngerayu mereka. Please help! Wkwk.

Akhirnya dengan jurus pemaksaan, dapatlah satu bocil yang mau ngaji sama aku. Oh ya aku bingung juga saat itu. Ini panjang pendeknya masih salah, ulang nggak ya. Eh ini malah belum tahu bedanya huruf ini sama itu, eh gimana nih, lolos aja nih. Haahh huffft. Paraah.

Memang yaa tidak mudah. Kenapa sih gini, kenapa sih gitu. Susaah. Dalam hati aku bingung dan kesel juga ada sih, tapi dalam sisi yang lain ada yang manggut-manggut, diam-diam menanyakan kedalam diriku, "Tapi kamu suka 'kan? Kamu kayaknya bakal punya mimpi punya TPA deh." Haha. Enggaklah, keseeel dan aku yang mengaku sabar ini, sudah tak memiliki kesabaran lagi menghadapi mereka.

Jeng jeng.. akhirnya semua anak sudah mengaji semua. Temenku, Sita, keren banget bisa menarik perhatian mereka semua. "Tepuk anak sholeh." Dan diikuti tepukan kompak dari bocil-bocil tersebut. Bocil-bocil tersebut berhasil ditarik perhatiannya.

Sita mulai mengendalikan bocil. Wkwk. Mereka semuanya melingkar. Lalu Sita mulai mendongeng. Keren abis. Dongengnya keren seriusan. Nggak nyangka punya temen KKN yang bisa mendongeng.

Oh iya, mereka ini TPA nya diluar ruangan. Sebelum gempa tahun 2018 itu, mereka TPA nya di dalam. Karena masih trauma, akhirnya TPA diluar. Diatas sebuah 'amben' kalau di jawa namanya. Yaa kalau di Lombok mirip-mirip lah sama berugak. 

Gempa Lombok tahun 2018 kemarin itu terjadinya pas anak-anak lagi TPA juga seperti itu. Saat mau persiapan sholat Isya'. Makanya trauma itu masih sangat membekas, apalagi waktu-waktu mendekati Isya'.

Nah itu dulu yaa cerita kali ini. Itulah akhir cerita Day-1 di tempat KKN. Tunggu cerita selanjutnya yaa. Entah ada yang membaca atau tidak. Salam readers..

No comments:

Post a Comment