Sunday, May 19, 2019

Tips Fotografi untuk Pemula, Bisa Pakai HP!

Hai hai.. Kali ini aku mau sharing tentang teknik fotografi sederhana. Ceritanya, hari Kamis kemarin, aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pembekalan KKN terkait fotografi, videografi dan kepenulisan di kampus. 

Eits, yup benar sekali, aku gak punya basic sama sekali terkait dunia fotografi dan videografi, tahunya kamera HP aja, wkwk. Dan hal itu jadi ilmu baru untukku. Yang mau aku sharingkan kali ini cuma terkait fotografinya ya, soalnya yang videografi aku sendiri kurang paham, namun kurang lebih ada beberapa teknik yang mirip dengan teknik fotografinya. 

Materi disampaikan oleh mas Bagoes Kresnawan alias @bagustikus. Cari aja di IG atau google, langsung deh ketemu nama beliau. Seorang street photographer human interest. Apa ya itu? Wkwk.
"Kenapa kita harus ngefoto?"
Diantaranya adalah untuk foto produk. Kalau di lokasi KKN ya misalnya buat ngasih tahu produk-produk UKM khas lokasi KKN kita itu apa. Produk ini bisa juga tempat-tempat unik yang ada di lokasi KKN, yang bisa menarik orang-orang untuk datang kesana. 

Yang kedua adalah untuk dokumentasi. Dokumentasi ini nanti bentuknya bisa untuk pelaporan, bisa juga jadi karya yang bisa dilombakan. 

Yang ketiga, untuk update info di media sosial. Ya semacam buat menulis berita-berita terbaru dari lokasi KKN.

Selanjutnya langsung masuk ke composition. Yaitu, teknik fotografi itu sendiri. Ada beberapa trik yang bisa kita coba supaya foto-foto yang kita ambil ini punya daya tarik dan nilai seni sendiri. Dan alat yang kita perlu juga sederhana, cukup dengan kamera HP-pun bisa. Langsung aja ya.

1. Rule of third
Yaitu menempatkan subjek foto pada 1/3 bagian frame. Jadi satu frame tersebut kita bagi jadi 3, lalu subjek atau point of interest diletakkan di sepertiga kanan atau kiri (kalau posisi foto landscape), kalau posisi foto portrait berarti point of interest-nya ada di seperti atas atau bawah frame.

2. Simetris
https://www.instagram.com/p/BxfJNK9A8ER/?igshid=1gravm459vpnoFungsinya untuk mengisolasi subjek karena pattern yang simetris. Kalau dilihat-lihat foto di atas normal-normal saja. Yang kurang baik itu seperti ini.
Kalau ini jepretan sendiri. Wkwk.
Keliatan kan yang enak dilihat yang mana? Karena foto yang bawah itu miring dari garis horizontal.

Warna tembok sebagai background sama dengan warna kerudung yang dipakai ibunya. Ya aku nangkepnya intinya adalah adanya permainan warna gitu deh.

4.Frame in frame
https://www.instagram.com/p/BoL3U0jANqb/?igshid=znhtsffbskzu
Fungsinya mirip seperti simetris, yaitu untuk mengisolasi subjek. Bisa terlihat ya, ada frame di dalam frame.

5. Pattern and texture
https://www.instagram.com/p/BvDf5aAgZCP/?igshid=1e4gzm4rbtmzq
Adanya pola berulang pada wajannya. Eh bener gak ya? Soalnya saat itu yang ditampilkan bukam foto yang ini. Tapi foto orang dengan jualan pernak pernik dari Bali yang tersusun rapi gitu. Oh iya, kalau kita lihat, komposisi di foto tersebut juga ada rule of third-nya ya. Dengan posisi bapaknya ada di sepertiga kanan frame.

6. Leading line 
https://www.instagram.com/p/BwZdbjOD8Jn/?igshid=vsl4mp0d2z4q
Aku gak bisa ngejelasin ini si. Wkwk. Tapi aku coba deh ya. Ada satu garis lurus yang mengantarkan kita untuk melihat subjek yang ada, kalau di foto ini mungkin subjeknya adalah senja itu sendiri. Jadi garis bandara itu mengantarkan kita untuk melihat sunset. Eh, sunset apa sunrise ya? Wkwk

Oke, itu aja yang mau aku bagikan di kesempatan kali ini. Ternyata asyik juga ya ngefoto-foto kalau sudah tahu ilmunya. Dan ini baru yang dasar. Kalau ada yang salah dari penjelasan yang udah aku tulis, bolehlah kasih tahu di kolom komentar. Dan buat yang mau nambahin juga aku seneng banget bisa dapet ilmu baru. Semoga bermanfaat ya.

NB: Sumber foto aku crop dari screenshootan IG @bagustikus ya. Sekalian aku kasih link nya. Biar mudah kalau mau nyari-nyari foto aslinya dari mana.

#Day14
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

2 comments:

  1. simpel dan bisa pake kamera hp ya tapi triknya bikin hasil foto cantik. cocok buat promosi produk atau buat di blog aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu. Soalnya cuma teknik pengambilannya aja. Gak sampai ke jenis2 kamera apa gitu2. Ada si disampaikan tapi gak paham. Hehehe

      Delete