Thursday, May 23, 2019

99 Lampion di Kampung Ramadan Jogokariyan

Masjid Jogokariyan, ada yang pernah dateng ke masjid ini? Kali ini, aku mau cerita tentang pengalamanku kemarin sore buka puasa di sana. Eh buka puasa? Padahal lagi nggak puasa si, hehe. Oh iya, terkait judul 99 lampion itu bukan berarti aku pernah menghitungnya ya, mungkin jumlahnya malah lebih si bisa jadi dari 99. Intinya ada banyak lampionnya, hehe.
Suasana sekitar jam 17.20

Dari beberapa bulan terakhir ini, aku lumayan dibuat penasaran sama masjid yang satu ini. Denger-denger si, ini masjid paling makmur se-Jogja. Jadi punya keinginan buat dateng, gimana si suasana makmurnya masjid ini? Akhirnya Allah kasih kesempatan untuk kesini, bareng Mbak Esti, yang kebetulan lagi nginep di kos.

Sebelumnya udah sering lihat story temen di IG yang berkunjung ke sini, takjub sama lampionnya. Pas dateng kesini beneran, ealah emang bagus banget, apalagi setelah salat Maghrib, suasana makin gelap, makin terpancar indah cahaya warna warninya.

Makin gelap makin indah
Suasananya juga sangat ramai. Sebelum sampai di area masjidnya, pengunjung akan melewati pasar sore. Ada banyak stand-stand jajanan dan minuman disini. Mulai dari takoyaki, bakso tusuk, thai tea, jualan baju, es jeruk, es teh, jajanan pasar, dan lain-lain. 

3000 Porsi Lebih

Selama bulan Ramadan, di masjid ini disediakan 3000 lebih sedikit porsi untuk berbuka puasa. Gratis. Makanannya di tempatkan di piring, jadi nggak terlalu banyak sampahnya. Piringnya di tata di beberapa meja gitu, trus setiap kali ada yang dateng langsung aja ngambil satu piring, sama satu gelas minum, trus langsung deh cari tempat buat duduk sambil menunggu waktunya berbuka.

Duduk-duduk nungguin waktu berbuka. Sebenernya bisa aja langsung kusantap, hehe.
Salat Maghrib Dua Kloter

Saking banyaknya yang dateng, salat Maghribnya sampai harus dua kloter, mantap sekali memang nih masjid. Bahkan kalau kata Mbak Esti, di tahun sebelumnya malah sampai tiga kloter. Termakmur tenan. Jangan ditanya dalemnya gimana, sesek juga shaf-nya. Sayangnya kemarin aku tidak bisa merasakan sensasinya salat berdesakan karena sedang kedatangan tamu. Jadi mlipir di bawah lampion, sambil lihat orang jalan. Dan memikirkan yang tidak-tidak, misalnya apa? 

Ini ada nggak ya yang udah buka disini trus dia nggak salat? 

Hehe, trus aku jawab sendiri deh. Lah aku sendiri malah yang nggak salat. Cape deh. Yang dateng ke Masjid Jogokariyan ini memang beragam sekali. Semuanya bisa dateng kesini. Jumlah porsinya tumpah-tumpah. Banyak banget. 

Selesai salat Maghrib, kita jalan-jalan sebentar di pasar sorenya. Sambil foto-foto. Lampionnya tetep aja indah walaupun tadi udah foto, tetep aja mau ngefoto lagi.

Cantik...
Kayaknya selain porsi buka puasa yang jumlahnya banyak, lampion ini juga daya tarik tersendiri untuk mereka yang mencari spot instagramable

Oke, itu saja sepotong episode mengunjungi Masjid Jogokariyan. Yang kalau dipikir-pikir, kemarin aku cuma numpang makan gratis sama numpang foto aja ya. Semoga kalau bisa kesini lagi, aku punya tujuan yang lebih baik. Terima kasih sudah membaca. :)

#Day18
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

No comments:

Post a Comment