Monday, June 3, 2019

Jualan Pulsa dengan Mitra Tokopedia, Mitra Bukalapak dan DANA

Tips jualan pulsa. Yup. Satu lagi pengalaman baru yang aku dapatkan dari sebelum KKN, masih tentang danusan. Yup, kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku danusan pulsa bareng temen-temen KKN. Namanya cari uang ya, segala yang bisa menghasilkan uang patut untuk dicoba. Walaupun untung tidak terlalu besar, tapi lumayan lah buat nambah-nambah. Yang penting halal.

Jualan pulsa ini untungnya memang tidak terlalu banyak. Tapi kita bisa memaksimalkan supaya untungnya tidak terlalu kecil sekali. Mungkin yang akan aku bagikan ini bukan tips yang terbaik, ini hanya tips-tips yang aku dapatkan berdasarkan yang aku alami saja. Kalau pembaca memiliki saran atau pengalaman yang bisa meningkatkan keuntungan, hehe, bisa dong bagi-bagi tipsnya di kolom komentar.

Saat pertama kali mau jualan pulsa, yang kita butuhkan adalah kita akan membeli saldo dimana. Nah, temen KKNku ini biasa beli pulsa di aplikasi BukaLapak. Maka aku download aplikasi BukaLapak dan mencoba melihat bagaimana membeli pulsanya. Ternyata, kalau menggunakan aplikasi ini, hanya tersedia pulsa nominal terendahnya 20.000. Padahal permintaan pasar, orang-orang kebanyakan membeli dengan nominal 5.000 hingga 10.000. 

Nah, ternyata BukaLapak ini juga memiliki aplikasi lain untuk jualan grosiran, yaitu Mitra Bukalapak. Nah, dari sinilah aku akhirnya kulakan alias sebagai penyedia saldo pulsa yang akan aku jual. Selain Bukalapak, ternyata Tokopediapun juga memiliki aplikasi serupa, yaitu Mitra Tokopedia. Jadilah aku menginstall dua aplikasi ini, ditambah dengan aplikasi DANA. Aku akan meriview tiga aplikasi ini sebagai penyedia saldo pulsa, apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi, dan bagaimana nanti cara supaya bisa mendapatkan untung yang maksimal.

1. Mitra Bukalapak
Aplikasi ini untuk saldo keuangannya terhubung dengan DANA. Jadi kalau aku top-up saldo di DANA, otomatis saldo tersebut bisa digunakan untuk transaksi di Bukalapak. Kekurangannya, dari segi harga memang kebanyakan lebih mahal daripada di Tokopedia. Kelebihan dari aplikasi ini stok nominal pulsanya selalu tersedia. Jarang sekali sampai ada stok habis/tidak tersedia. Akun yang langsung terhubung dengan akun DANA juga memudahkan kita untuk pengisian saldo/topup. 

2. Mitra Tokopedia
Sama seperti Mitra Bukalapak, aplikasi ini menyediakan nominal pulsa terendah 5.000, bahkan beberapa operator ada yang menyediakan nominal 1.000 hingga 2.000. Kekurangan aplikasi ini adalah stoknya sering habis serta cara top-up/isi saldo yang agak susah. Sebenarnya bukan top up yang susah, tapi untuk cara top-upnya dengan metode transfer bank, dan hanya bisa dilakukan pada jam 08.00-21.00. Nah seringkali saldoku habis di luar jam tersebut, jadi kesulitan kalau mau top up. Sedangkan kelebihan aplikasi ini adalah pada harganya yang lebih murah, jadi bisa untuk banyak.

3. DANA
Aplikasi yang satu ini selain terhubung dengan saldo Bukalapak, juga terhubung dengan Grab. Kekurangannya, aplikasi ini hanya menyediakan nominal pulsa yang besar-besar, kisaran 20.000 keatas. Dari segi hargapun tidak lebih murah. Namun , ada voucher pulsa mulai dari 10.000 hingga 24.800. Setiap kali transaksi kita mendapatkan satu kali kesempatan untuk memutar Dana Tap & Win. Nah, dari sini kita nanti bisa dapet Voucher Pulsa, Voucher Tagihan, Dana Kaget, bahkan ada zonk juga. Hehe. Nah, dari voucher inilah bisa dapet keuntungan yang besar.

Tidak ada aplikasi yang sempurna memang. Tapi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing tersebut bisa saling melengkapi.

Strategi Penjualan

Sebenarnya daripada disebut strategi, mungkin lebih tepat disebut sebuah alur penjualan yang aku lakukan, biar keren sebut saja strategi, hehe.

Pertama, nominal beli pulsa. Kalau pembeli mau beli nominal dibawah 20.000, maka pilihan pertama dengan menggunakan Mitra Tokopedia, karena lebih murah, tentu saja akan lebih menguntungkan. Tapi, karena stok kadang habis, ya bisalah dengan menggunakan Mitra Bukalapak. Juga ketika saldo di Mitra Tokopedia habis di luar jam 08.00-21.00, maka mau tidak mau ya menggunakan Mitra Bukalapak, yang bisa top up saldo sewaktu-waktu. Kalau ingin beli lebih dari sama dengan 20.000, maka gunakanlah DANA. Setiap pembelian kita akan punya kesempatan untuk mendapatkan satu voucher. Kalau pembelian 25.000 ke atas, otomatis kita akan dapat voucher potongan 50% di pembelian berikutnya, yang ini setiap minggunya ada satu kali kesempatan.

Yang kedua, kalau voucher yang kita dapatkan dari Dana Tap & Win bukan voucher pulsa, ya sudah, kadang aku biarkan hangus. Kalau voucher Tagihan, bisalah untuk membayar listrik kosan, wkwk. Lumayanlah diskon 10.000. Kalau Dana Kaget, ini kita harus ngirim link ke teman kita yang punya akun DANA. Ya bisalah kita minta tolong dulu, nanti uangnya minta dibalikin lagi. Mungkin yang ini masih belum tergambar jelas ya, karena agak membingungkan penjelasannya, hehe.

Itu saja strategi yang biasanya aku lakukan. Dan karena jualannya dibantu sama temen-temen KKN, sampai dua bulanan ini sudah untung sekitar 210.000. Ya lumayanlah, walaupun tidak terlalu banyak, tapi bisa menyumbang segitu.

Oh iya, dibawah ini, aku coba membandingkan harga dari ketiga aplikasi tersebut. Kebanyakan, harga di Mitra Tokopedia lebih murah. Harga ini aku rangkum tanggal 3 Juni 2019. Harga bisa jadi fluktuatif, berubah-ubah. Harga dengan warna biru adalah harga yang paling murah.







Mungkin diantara pembaca ada yang sudah pernah berjualan pulsa, paket data, dan sejenisnya. Bagaimana? Kalau ada tips yang lain, bisa ya dibagi-bagi, hehe.

#Day28
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

No comments:

Post a Comment